Selain Alfamart, Inilah Perusahaan Lainnya yang Paling Banyak Melakukan Penahanan Ijazah

TUNTAS ONLINE - Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Sulsel melansir daftar perusahaan yang kerap menahan ijazah asli para karyawannya.

Menurut Ketua SPSI Sulsel, Abdul Muis, perusahaan yang paling banyak melakukan penahanan ijazah saat karyawannya resign (keluar) yakni Alfamart, Indomaret, Farmasi, dan sejumlah perusahaan di kawasan Industri Makassar (KIMA).

“Paling banyak di Alfamart dan perusahaan farmasi yang menahan ijazah, sekarang pun masih ada yang ditahan ijazahnya karena karyawan ini belum melunasi sangkutannya, tapi kita akan kawal terus,” ungkap Abdul Muis, Selasa, (18/08).


Kadisnaker Makassar, A. Bukti JufrI

Menurutnya, SPSI Sulsel akan terus mengawal kasus pekerja yang ditahan ijazahnya. Ia mempersilahkan kepada warga yang mengalami hal tersebut untuk dilaporkan.

Menanggapi hal tersebut, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Makassar menghimbau kepada pekerja yang mengalami penahanan ijazah agar segera melaporkan ke pihak Disnaker agar perusahaan tersebut ditindaki.

“Seperti kasus-kasus penahanan ijazah di Alfamart dan Indomaret, sekarang semua sudah kita selesaikan kasus penahanan ijazahnya. Tapi itu yang baru melapor, dan aturannya memang tidak boleh perusahaan menahan ijazah karyawannya jika ingin mendaftar pekerjaan di tempat lain.

Kalau ada ditemukan perusahaan tahan ijazah karyawannya langsung lapor ke kami, pasti kita kembalikan ijazah mereka,” tegas Kadisnaker Makassar, A. Bukti Jufri.

Bukti melanjutkan, pihak perusahaan tidak boleh menahan ijazah karyawan karena tidak sesuai dengan undang-undang ketenagakerjaan No. 13 tahun 2003.

“Memang bisa ada ditahan ijazahnya karena ada utangnya mungkin waktu saat kerja, ya bisa utangnya Rp. 200-an hingga Rp. 300-an tapi ini bukanlah jaminan untuk tahan ijazah,” Ujar Bukti.

Pewarta: Wawan JY

Share on Google Plus

About Ibnu

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

3 komentar:

  1. Selamat malam... Anak saya baru melamar dan sudah diterima tetapi ijazah nya di tahan oleh showroom

    ReplyDelete
  2. Sekarang gimana Bu? Apakah ijazahnya masih di tahan? Itu dilema yang sedang saya alami saat ini..

    ReplyDelete
  3. Saya mau curhat, nama saya Andi Syachrullah, bukan November saya resign dari PT. Rajawali Hiyoto tapi sampai sekarang gaji terakhir saya & ijazah saya belum diberikan oleh perusahaan tersebut dgn alasan tdk jelas, mohon sarannya...

    ReplyDelete